Thursday, December 13, 2007

JJB: change management

There are plenty books, research, articles on 'change management'. the phrase is like a mantra-at least in the last ten years-so that everyone or every company thinks 'change' is going to solve the problems. well,maybe yes but there are cases when management fails to lead or manage 'change process' the company is going under rapidly, instead. Still on cipaganti travel case:
Buku change management kalo disusun mungkin bisa bikin penuh mobil kia pregio cipaganti. tapi biar dipenuhin ya percuma kalau pihak manajemen nggak tau atau tau tapi terpaksa nurut apa maunya owner. kayaknya banyak orang luar yang tau juga kalau travel company itu lagi berubah
http://milkyniqu3.blogspot.com/2007_09_01_archive.html -mungkin karena terasa di tingkat layanan ke penumpang. Barangkali pihak manajemen berusaha utk menavigasi supaya unit usaha travel ini bisa bertahan ditengah persaingan yang ketat dari xtrans dan primajas. caranya dengan mengevaluasi pengeluaran2 yang nggak perlu atau efisiensi: uang bensin diberikan dalam bentuk voucher. Konon keputusan ini memicu pemogokan driver, lalu driver diwawancarai, lalu ada perjanjian yang musti ditandatangani, dst. Tapi baca di pikiran rakyat
http://www.pikiran-rakyat.com/cetak/2007/092007/29/0203.htm , ternyata driver mogok lagi bulan september lalu ... Konon banyak driver yang keluar http://www.indomedia.com/tribunjabar/detail.asp?id=6842; lalu sekarang driver cipaganti driving sambil cemberut..he-he-he
Dikaitkan dengan 'change management', jangan-jangan sampe chaotic begitu karena ada overlook ketika sedang 'mengubah kultur kerja'. Ada buku change management terkenal 'Leading Change' (John P Kotter)-buku lama sih, tapi kayaknya masih relevan untuk obrolin perubahan di cipaganti travel. Kata Kotter, ada 8 tahapan kalau perusahaan mau bikin perubahan:
  1. establishing a sense of urgency
  2. creating the guiding coalition
  3. developing a vision and strategy
  4. communicating the change vision
  5. empowering employees for broad based action
  6. generating short term wins
  7. consolidating gains and producing more change
  8. anchoring new approaches in the culture
Kira-kira dimana management cipaganti mistep?
Pihak manajemen konon baru mengadakan wawancara/komunikasi dengan seluruh driver ketika driver mau mogok sebagai bentuk protes kebijakan voucher bahan bakar. Dari situ manajemen berusaha mengkomunikasikan bahwa cipaganti merugi, dan semua (driver maksudnya) musti ikut prihatin. Sayangnya pemberitahuan bahwa cipaganti merugi tidak ditelan mentah2 oleh driver, malah mereka mengkritisi kebijakan manajemen mengelola grup: yang rugi sister company kok kami yang diminta nanggung?
Driver memang melihat hanya dari sisi mikro, mereka nggak bisa sepenuhnya melihat big picture (ini tugas manajemen). Tapi yang ada di garda depan untuk perusahaan travel siapa lagi kalau bukan driver?Sehingga kalau driver uring-uringan yang ngerasa ya penumpangnya. Buat karyawan (entah statusnya driver, atau staff, apapun job titlenya) tiap ada perubahan, pertanyaan utama mereka cuma satu 'what is in it for me?' dan ini harus bisa dijawab dengan jujur dan baik oleh manajemen. Biar ada perubahan ini-itu atas nama ini-itu kalau akhirnya karyawan dirugikan (misal take home pay berkurang), mereka nggak akan atau susah mendukung perubahan yang dimulai pihak manajemen.
Kayaknya, dari awal pihak manajemen cipaganti udah nggak ngikutin teorinya Prof Kotter...

traveling jogja-jakarta-bandung (JJB)

since mid this year i have been traveling many times. here i'd like to share my experience: what i see, what i hear, what i learn along the way from jogjakarta, to bandung through jakarta.
(in bahasa, later i'll translate to english-if i have time)
Selama ini kalo ke bandung dari jogja musti ke jakarta dulu. Ada sih direct flight jogja-bandung, pakai Merpati. Tapi jadualnya nggak enak berangkat dari jogja jam 1630 cuma sekali itu dalam sehari; berangkat dari bandung jam 615 juga cuma sekali. Akhirnya pilih ke jakarta dulu karena flight jogja-jakarta dan sebaliknya sangat banyak tiap hari, dari pagi jam 6 sampai jam 19 or 1930. Penerbangan jogja-jakarta 52 menit, sampe bandara Soekarno Hatta musti nyambung travel sekitar 3-4 jam untuk ke bandung. total 4-5 jam dijalan. Kalau urusan di bandung-kebetulan urusan keluarga- bisa selesai dlm waktu 2 jam, biasanya langsung pulang hari itu juga. Jadi dari Bandung, naek travel lagi balik ke bandara Jakarta, lalu terbang ke jogja. Round trip sehari 8-10 jam didarat dan udara.
Biasanya naek garuda ga201 pulang ga216. di jakarta pake cipaganti travel karena nggak terlalu familiar sama Bandung. selain itu, taksi bandung payah (ini yang ngomong driver taksi bandung sendiri). musti nawar-nawar, netapin harga seenaknya karena nggak pake argo. Yang pake argo bluebird, tapi bluebird nggak akan ambil penumpang kalo udah ada taksi lain mangkal. Kayaknya sih ada lagi yang pake argo, tapi lupa namanya.
Dari bandung ke bandara biasanya naek cipaganti juga biasanya dari btc. barusan cipaganti ada servis ke bandara dari paris van java mall. mungkin laen kali mau naek xtrans aja; nyobain.
So far sih seneng aja naek cipaganti travel; walau akhir-akhir ini driver cipaganti nggak keliatan santai-kayak manyun aja he-he-he... kenapa yah? mungkin ada hubungannya sama kondisi kerja mereka. denger-denger sih banyak perubahan: yang tadinya 2 roundtrips bandung-bandara jadi 1 kali. Konon juga bonus nggak lagi dapat; bensin dikasih dlm bentuk voucher sehingga driver nggak bisa irit-irit lalu ambil uang bensin; pake sistem kontrak; kayaknya di rest area driver nggak lagi minum..mungkin itu termasuk fasilitas yang dicabut? situasi ini kayaknya dialami semua driver cipaganti baik yang dari bandara-bandung maupun yang melayani jakarta-bandung. di satu blog ada yang nulis "kualitas servis menurun, karena driver cipaganti sekarang ngebut"...he-he-he. mungkin ngebut karena nggak nyantai lagi kayak dulu..akhir-akhir ini driver cipaganti kalau kondisi jalan dan traffic memungkinkan bisa hit 120km/h. Biasanya paling 100km/h. Ya nggak pa-pa lah, karena bisa cepet sampe mereka juga bisa cepet istirahat, asal jangan saat kondisi jalan basah dan hujan nekat ambil 120..itu gemblung namanya.

Blog Archive