Monday, December 17, 2007

JJB: satu bintang, dua bintang

Pernah naek blue bird di bandung. Di dashboard ada id driver tapi ada tambahan title 'ketua kelompok' (atau semacam itu) lalu ada satu bintang. Taxi driver cerita kalao ketua kelompok driver tugasnya memimpin sekian driver (20 kalau nggak salah), memantau driver dan armadanya, menyampaikan aspirasi driver ke manajemen dan sebaliknya, memantau keluarga driver (kayak ketua RT lah kira2). Seneng dong? Seneng apaan, kata Pak Supir. Lebih repot karena musti urus keluarga teman,ada yang sakit kita wajib tengok; musti ikut rapat-rapat manajemen; dicemburuin temen2 karena dikira deket sama manajemen..Masak nggak ada extra komisi? Nggak... setoran juga sama kayak yang lain...(he seemed grumpier than I did..he-he-he)
Adalagi driver Blue Bird dengan bintang dua, yang artinya berperan sebagai 'pembina'. Driver bintang dua udah jarang di jalan, katanya. Kayak manajer aja, karena dia membawahi seratusan driver. Di Bandung ada 2 pembina. Kalau di jakarta lebih banyak lagi..

Bagus juga cara Blue Bird ngelola drivernya..mereka diminta berpartisipasi dijajaran manajemen sehingga ketidakpuasan bisa diminimalkan. Suara driver disampaikan oleh wakil driver (ketua kelompok dan pembina) sebaliknya melalui wakil mereka driver bisa mengikuti proses pembuatan kebijakan manajemen.

No comments:

Blog Archive